Minggu, 19 September 2010

Cara lain menikmati sosok tanaman anggrek

Menikmati keindahan tanaman anggrek tentu saja tidak akan terpisahkan dengan pesona bunganya yang menawan. Tanaman menjadi kurang berharga bahkan menjadi tidak menarik tanpa kemunculan kuntum-kuntum bunga. Sang ratu anggrek "Cattleya" tidak akan jadi buah bibir bila ia tampil tanpa bunga cantiknya. Sang raja"Cymbidium" pun bagai tak bermahkota dan tak jadi idola bila ia tak pernah menampilkan sepal-petal elegannya, apalagi jenis kedua-duanya berembel-embel nama hibrida pula. Barangkali si anggrek bulan "Phalaenopsis amabilis" tidak akan pernah mendapat gelar sebagai puspa pesona bila ia tidak pernah menampilkan keindahan bunga-bunganya di hutan-hutan atau di taman-taman di seantero negeri tercinta ini.
Nah, itu adalah kisah dari sebagian sedikit dari anggrek-anggrek populer yang sudah punya nama besar yang sudah lama malang melintang menggetarkan blantika peranggrekan di jagat ini. Semua terkenal karena keindahan bunga-bunganya.
Lalu bagaimana dengan anggrek-anggrek spesies yang belum punya nama, anggrek-anggrek yang baru turun gunung, anggrek-anggrek yang seakan-akan baru bersolek. Kadang ia terhina dan dipandang sebelah mata.

Dimulai dari Pot
Diperlukan tambahan sentuhan khusus oleh siapa saja yang merasa sebagai pencinta anggrek  agar anggrek-anggrek hutan, anggrek-anggrek spesies dengan sosok yang unik-unik ini dapat tetap tampil lebih menarik. Paling tidak ia masih bisa dinikmati sebagai tanaman hias daun.
Salah satu trik umum yang dilakukan adalah menempatkannya pada pot-pot bunga. Khusus untuk anggrek-anggrek spesies kita ini, lebih menarik kalau ia ditempatkan pada pot dengan gaya berbeda.Kita bebas berkreasi agar pot tampil lain dari yang lain. Jadi yang ditonjolkan di sini adalah penampilan potnya untuk menemani si anggrek yang kurang pesona.
Kita bisa memulainya dengan berburu mencari pot-pot unik dengan berbagai macam bahan pilihan, boleh dari keramik, plastik, kayu dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar